Plugin Mempercepat WordPress


Kecepatan memang menjadi idaman blogger. Situs blog yang dimuat dengan cepat, tentu saja dapat memanjakan pengunjung dan membuat mereka merasa nyaman.

Halaman ini, akan memberikan rekomendasi plugin mempercepat WordPress Anda. Mari kita teruskan.

Pentingnya Mempercepat WordPress

Seberapa pentingkah untuk mempercepat WordPress Anda? Sebenarnya, pertanyaan ini sudah cukup lama ditanyakan orang-orang. Sebagian orang menganggap ini adalah penting, sedang yang lainnya memilih untuk mengabaikannya.

Tetapi, keseluruhannya itu sebenarnya kembali pada pemilik blog itu sendiri, tentang apa yang mereka harapkan dari situs web nya. Sebagian orang, ingin memanjakan pengunjungnya dengan kecepatan waktu muat saat mereka menjelajah di halaman. Sedang yang lainnya, menganggap mereka membutuhkan fitur-fitur terbaru, meski itu memperlambat waktu muat situs web nya.

Pasalnya, unbounce mengungkapkan bahwa 70% konsumen mengakui bahwa kecepatan akan mempengaruhi mereka untuk membeli barang.

Berdasarkan hal di atas, maka dapat dikatakan bahwa kecepatan merupakan bagian yang tidak dapat dianggap diabaikan. Tentu saja, ini berkaitan dengan apa yang diharapkan dari situs web yang sedang Anda jalankan.

1. Perhatikan Kecepatan, Untuk Permainan SEO

Berbicara mengenai SEO, memang merupakan persoalan yang besar dan luas. Akan ada banyak sekali hal yang menjadi perhatian disini. Salah satu dari faktor Google Ranking adalah persoalan Kecepatan.

Mereka memperhatikan halaman yang cepat. Meski tidak ada syarat mutlak untuk ini yang mengatakan seperti: “Bahwa halaman dengan kecepatan muat 0.5 ms akan mendapatkan peringkat tertinggi”, tetap saja mengisyaratkan bahwa kecepatan tidak luput dari penilaian mereka.

Oleh karena itu, bila Anda berencana untuk mengikuti permainan SEO, maka kecepatan adalah salah satu opsi yang harus diperhatikan, disamping berbagai hal lain yang mempengaruhi Google Ranking.

2. Permainan Fitur & Fungsi, Bisa Menunda Kecepatan

Hal ini berbalik dari apa yang dijelaskan pada poin 1. Bila Anda menciptakan sebuah situs web yang bertujuan untuk menjalankan fungsi tertentu, dengan fitur-fitur yang berguna bagi pengunjung, maka tentunya itu menjadi bagian yang utama untuk diperhatikan.

Website dengan fitur berguna, tentu saja dibutuhkan bagi segelintir orang yang ingin memanfaatkannya. Terkadang, menggunakan fitur-fitur tertentu membuat halaman menjadi lebih lamban untuk memuat, dan itu sah-sah saja.

Oleh karena itu, melalui penjelasan ini dapat menggambarkan bahwa kecepatan bukanlah sesuatu yang mutlak. Semua bergantung pada bagaimana situs web itu dibangun dan dijalankan.

Meski website Anda memuat lambat namun pengunjung membutuhkan fitur yang ada disana, maka sudah dapat dipastikan bahwa mereka akan kembali, meski situs Anda memuat dengan lamban. Jangan khawatir tentang itu.

Hal Mempengaruhi Kecepatan WordPress

Sekarang saatnya, kita mengetahui tentang beberapa hal yang umum diperhatikan untuk dapat meningkatkan kecepatan WordPress. Pasalnya, tidak semua sisi harus diperbaiki. Ada beberapa hal umum yang menjadi perhatian disini. Mari kita teruskan.

1. Minify File Statis

Halaman situs web tentu saja dibangun dengan file-file statis seperti HTML, CSS, Javascript, dan lain sebagianya. Merekalah yang bertugas untuk memberikan tampilan visual, atau fungsi tertentu dalam situs blog sehingga disa digunakan dengan baik.

Namun, file-file ini memiliki ukuran. Sehingga, ketika kode-kode yang ada padanya lebih banyak, maka ukuran data dalam file tersebut juga semakin membesar. Dampaknya, ukuran file yang lebih besar tentu saja mempengaruhi server dan secara tidak langsung membuat situs web menjadi lebih lamban.

2. Tampilan Gambar

Tahukah Anda, bahwa menampilkan gambar dapat mempengaruhi kecepatan? Bagaimana itu bisa terjadi?

Gambar adalah satu objek yang benar-benar menjadi perhatian serius. Pasalnya, sebuah gambar bisa saja memiliki ukurang yang jauh lebih besar, bahkan hingga pada 180+ KB.

Ukuran yang besar itu, tentu saja menambah beban bagi sebuah halaman untuk ditampilkan dalam browser. Akibatnya, membutuhkan waktu muat yang jauh lebih lama pula. Oleh karenanya, gambar menjadi bagian yang serius dalam hal ini.

Untuk meningkatkan pemahaman seputar ini, Kami menyarankan Anda untuk melihat lebih jauh penjelasan kami di Image SEO.

3. Permintaan HTTP/ HTTPS

Halaman blog Anda, tentu saja memperhatikan hal-hal tertentu dalam pembangunannya bukan? Misalnya, Anda akan menampilkan Font dengan mengambil font dari Google.

Setiap Font memiliki gayanya sendiri-sendiri. Ketika Anda ingin membuat teks Anda dengan Google Font, maka mereka membutuhkan CSS agar dapat memberikan tampilan yang diharapkan.

Akhirnya, situs Anda akan melakukan permintaan ke Google, untuk mengambil CSS yang ada, dan itu berlaku setiap kali orang membuka halaman Anda. Tentu saja, ini memperlambat waktu muat situs web Anda.

Berbagai Plugin Mempercepat WordPress

Bila Anda pengguna WordPress, maka ada beberapa plugin yang kami rekomendasikan untuk meningkatkan kecepatan situs blog Anda. Beberapa plugin yang dimaksudkan itu, akan diuraikan dalam bagian berikut.

1. Autoptimize

Plugin Autoptimize merupakan plugin umum yang banyak digunakan orang, yang berguna untuk membantu kecepatan waktu muat situs WordPress Anda. Anda dapat menginstalnya melalui directory WordPress atau langsung menginstal pada dashboard WordPress Anda.

Autoptimize adalah plugin Cache, yang berfungsi untuk mengimpan file-file statis dari situs web Anda pada tempatnya tersendiri. Dengan begitu, ketika pengunjung kembali kesekian kalinya ke halaman yang sama, mereka akan memuat halaman lebih cepat karana file-file statis itu masih tersimpan dalam Browser mereka.

Anda dapat mempelajari tentang cara setting Autoptimize, pada halaman yang lain di situs web ini.

2. W3 Total Cache

Plugin lain yang dapat mempercepat WordPress Anda adalah W3 Total Cache. Plugin yang satu ini, diyakini dapat meningkatkan WordPress Anda jauh lebih baik dari sebelumnya.

Fungsinya sama, yaitu untuk melakukan Caching pada file-file statis dari WordPress Anda seperti file CSS, HTML, Script, dan lain sebagainya. Mereka akan menyimpannya dalam Browser pengunjung, sehingga itu tidak akan dimuat lagi ketika pengunjung kembali lagi di halaman yang sama.

Untuk dapat menggunakan secara maksimal, Anda dapat mengikuti artikel kami tentang cara setting W3 Total Cache.

Mempercepat Blog Tanpa Plugin

Pertanyaan selanjutnya adalah pertanyaan berbalas. Bisakah situs blog memiliki waktu muat yang lebih cepat, tanpa menggunakan plugin?

Tinggalkan komentar