Kata Kunci Persaingan Rendah: Cara Menemukannya

Kata kunci merupakan bagian yang penting untuk membangun sebuah artikel. Jika Anda ingin mendapatkan peringkat tertinggi yang berimbas pada peningkatan CTR, maka kata kunci persaingan rendah adalah solusi terbaik untuk itu.

Pasalnya, kata kunci persaingan rendah itu akan memberikan angka yang rendah terhadap jumlah indexing Google. Dengan kata lain, semakin sedikit indexing yang ada, maka semakin besar peluang halaman Anda untuk menempat peringkat terbaik dari hasil pencarian. Mari kita teruskan.

1. Makna Kata Kunci Persaingan Rendah

Untuk memulai penjelasan ini, semestinya kita perlu sepaham tentang persaingan rendah. Oleh sebab itu, sebagai permulaan, izinkan Kami memberikan penjelasan tentang apa yang akan dibahas disini.

Jika Anda menggunakan mesin telusur seperti Google dan mencari sesuatu disana, maka Anda akan menemukan hasil yang ditampilkan. Disana akan memperlihatkan data, tentang seberapa banyak halaman yang mereka tampilkan dalam kurun waktu tertentu.

Katakanlah Anda sedang mencari dengan spesifikasi kata kunci Short Tail Keyword (Kata kunci Pendek) seperti: “Pengertian Blog”, maka disana akan menampilkan berbagai hasil indexing Google. Untuk kata kunci ini, terakhir kali kami mencoba, dan memberikan hasil sebanyak 1 Millyar jumlah halaman yang dihasilkan.

Sebaliknya, mari kita mencoba menggunakan kata kunci dengan Long Tail Keyword (kata kunci panjang), seperti: “Cara membuat blog pribadi”. Terakhir, kami menemukan indexing sebanyak 49 Juta halaman yang ditampilkan dalam pencarian.

Hasil pencarian yang ditampilkan itu, tentunya menjadi acuan dalam persaingan. Ketika hasil pencarian untuk sebuah kata kunci memberikan nilai yang tinggi, maka sudah barang tentu termasuk pada kategori persaingan tinggi. Sebaliknya, ketika hasil pencarian berjumlah lebih sedikit, tergolong pada persaingan rendah.

Selanjutnya, kita akan mengulas lebih dalam tentang mengapa, dan apa keuntungan menggunakan kata kunci persaingan rendah.

2. Keuntungan Kata Kunci di Persaingan Yang Rendah

Bila Anda berkompetisi dengan jumlah peserta yang sedikit, tentu lebih memungkinkan untuk mencapai peringkat terbaik diantara mereka. Itu karena persaingannya sedikit.

Hal ini juga berarti bagi Blogging. Ketika sebuah kata kunci memiliki hasil pencarian yang sedikit, itu artinya Anda memiliki kesempatan yang lebih besar untuk unggul diantara mereka. Mari simak penjelasan, apa saja keuntungan menggunakan kata kunci rendah.

2. 1. Kesempatan Mendapat Page One

Bila kita bermain dengan peringkat (SEO), maka Page One adalah impian dari setiap blogger. Bila sebuah halaman mendapat peringkat terbaik dalam sebuah kata kunci, jelas saja itu mendatangkan pengunjung.

Page One jauh lebih memungkinkan, dengan kata kunci persaingan rendah. Itu karena, kata kunci persaingan rendah membahas topik yang jauh lebih spesifik, dan kompetitornya juga tergolong rendah.

2. 2. Meningkatkan CTR

Click Trought Right (CTR) adalah salah satu hal yang membantu meningkatkan kualitas situs Blog Anda. Ketika nilai ini semakin bertambah, maka disanalah kualitas blog Anda juga bertambah.

CTR itu meningkat, bilamana orang-orang menuliskan kata kunci, dan menemukan halaman Anda. Lalu kemudian, mereka membuka halaman itu. Tiga periode ini, harus dilewati dalam setiap pencarian, untuk menghasilkan CTR.

Orang-orang lebih suka mencari sesuatu yang lebih spesifik. Bila disana Anda mendapat peringkat, maka itu tentunya menjadi nilai yang sangat berharga bagi halaman Anda.

3. Menemukan Kata Kunci Persaingan Rendah

Tinggalkan komentar